Dilihat : 27 kali

Seseorang yang memiliki sederet aktivitas padat, tentu pernah merasa lelah karena terkurasnya stamina tubuh.

Lalu, bagaimana cara menjaga stamina tubuh agar tidak mudah pegal, sakit dan bisa tetap fit sepanjang hari? Berikut ulasannya.

1. Sarapan Pagi

Jangan sampai melewatkan waktu sarapan ya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet, cara meningkatkan stamina dengan sarapan berperan dalam meningkatkan zat serotonin tubuh, sehingga dapat meningkatkan performa, konsentrasi, hingga daya ingat sepanjang hari. Sarapan juga berfungsi untuk mengisi energi dalam tubuh dan menyimpannya sebagai cadangan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Karbohidrat memiliki peran sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Dalam proses pencernaan, karbohidrat akan berubah menjadi kandungan gula. 

Gula tersebut kemudian masuk di dalam aliran darah dan berpindah ke setiap sel tubuh yang dapat memberi tenaga pada tubuh. Gula juga disimpan di dalam ginjal dan otot sebagai glycogen, yang merupakan sumber energi. 

Selain makanan yang tinggi karbohidrat, cara meningkatkan stamina disarankan juga untuk mengonsumsi berbagai menu makanan sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Beberapa rekomendasi makanan tinggi karbohidrat yang baik untuk kesehatan adalah nasi merah, jagung, ubi jalar, pisang, apel, dan oatmeal.

3. Lakukan Yoga

Penelitian tahun 2016 yang dipublikasikan oleh The National Library of Medicine dan dari situs sciencedirect.com pada tahun 2007, menyatakan bahwa melakukan yoga ataupun meditasi dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Dengan berkurangnya pemikiran negatif tersebut, maka akan memberi efek positif terhadap stamina tubuh yang meningkat.

Realfoodfam bisa mencoba ikut kelas yoga untuk merasakan manfaat yoga dalam meningkatkan stamina.

4. Tetap Aktif Berolahraga 

Cara menjaga stamina tubuh selanjutnya adalah olahraga ringan setelah makan. Dalam suatu penelitian tentang olahraga sebelum, saat, dan setelah makan pagi, ternyata pilihan terakhir adalah cara meningkatkan stamina terbaik. 

Olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda, bodyweight squat, dan jumping jack dapat pula membantu melatih stamina tubuh. 

5. Cari Udara Segar

Luangkan waktu untuk sejenak menikmati udara di luar ruangan. Pergi ke tempat yang teduh dan memandang indahnya pepohonan dapat menstimulasi otak untuk beristirahat sejenak dan mengembalikan mood.

Udara yang segar dan sinar matahari juga dapat mengurangi produksi melatonin penyebab rasa kantuk. 

6. Rutin Minum Air Mineral

Air putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga stamina tubuh. Kebutuhan air dalam tubuh berperan penting untuk membuat Realfoodfam agar tidak mudah lelah. Dengan minum 8 gelas air atau 2 liter air putih setiap hari, mampu mencegah dehidrasi.

7. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga stamina tubuh yang baik juga tidak lepas dari istirahat yang cukup. Untuk orang dewasa, tidur malam 6 sampai 8 jam merupakan waktu yang ideal.

Dalam penelitian di pubmed.ncbi, dituliskan bahwa fungsi pertumbuhan hormon akan terganggu dengan kondisi kurang tidur. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan memiliki stamina penuh untuk bisa beraktivitas esok hari.

8. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Selain terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jambu, strawberi, dan buah beri, vitamin C juga ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat. Bila perlu, Anda dapat menambah asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

9. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan tubuh. Di dalam rokok terdapat banyak zat beracun yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dalam situs beberapa jurnal kesehatan disebutkan bahwa perokok berisiko tinggi mengalami infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia. Asap rokok juga berbahaya bagi orang-orang tidak merokok yang menghirupnya. Karena itu, salah satu cara menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh adalah menghindari perokok agar Anda terhindar dari menghirup asap rokok.

10. Cuci Tangan yang Benar

Sejak dulu, imbauan rajin cuci tangan menggunakan sabun sudah gencar disebarkan. Bukan hanya saat sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan pakai sabun perlu dilakukan pada saat: Setelah menggunakan toilet, Setelah memegang hewan peliharaan, berada di dekat orang yang batuk atau pilek, Usai menggunakan moda transportasi umum dan lainnya yang berkaitan dengan tangan.

Mencuci tangan penting untuk melindungi diri dari penularan kuman penyebab penyakit. Rajin mencuci tangan dengan sabun akan mengoptimalkan upaya yang sudah di lakukan dalam menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh.

Gunakan sabun yang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh pada kulit. Gunakan sabun cuci tangan dilengkapi kandungan antibakteri yang dapat melindungi dari masalah kesehatan.

Aktivitas yang padat hendaknya bukan menjadi halangan untuk terus aktif dan menjaga kondisi stamina tubuh. Anda bisa mencoba Program 12 Hari Realfood Ever Glow+ yang dibuat dari bahan alami ekstrak kurma dan ekstrak sarang burung walet.

Anda bisa mendapatkan dukungan energi lebih untuk melakukan semua aktivitas padat setiap hari. Aman diminum bagi Realfoodfam karena telah teruji BPOM dan baik untuk dikonsumsi ketika keadaan perut kosong.


Tag :

10 Cara Menjaga Stamina Tubuh Agar Tetap Fit Sepanjang Hari

4 Tips Bikin Laptop Jadulmu Lebih Berguna, Jangan Dibuang!

Posting by Admin

4 Tips Bikin Laptop Jadulmu Lebih Berguna, Jangan Dibuang!

4 Tips Bikin Laptop Jadulmu Lebih Berguna, Jangan Dibuang! Jika kamu mempunyai laptop lawas alias jadul yang performanya gak kencang lagi, sebaiknya jangan "digudangin" apalagi dibuang. Dengan 4 tips sederhana ini, laptop tua kamu bakalan berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Kamu bisa menghadiahkannya ke adik kamu yang mulai belajar mengen



86 Kali