Dilihat : 27 kali

Salah satu hal menyebalkan dalam hidup adalah saat koneksi WiFi melambat, terlebih kita lagi membutuhkannya sekali. Koneksi internet melambat bisa jadi banyak penyebabnya, salah satunya adalah karena pengaturan router atau penghubung dan pengirim paket data. 

Saat koneksi WiFi di rumahmu mulai lambat, terlebih karena kesalahan pada pengaturan router maka coba perbaiki dengan cara mempercepat jaringan WiFi berikut deh! Dijamin, koneksimu kembali lebih cepat dari biasanya. 

1. Coba cek posisi router.

Jika koneksi WiFi melambat karena ada masalah pada router maka coba cek posisinya. Biasanya, kalau posisi router-mu salah alias gak benar maka itu menyebabkan koneksi terganggu.

Jangan sekali-kali letakkan router di dekat jendela, karena ini bisa bikin sinyal internet gak tersalurkan dengan merata di dalam ruangan. Selain itu, jangan letakkan router di lantai (terlebih jika lantaimu terbuat dari bahan semen, beton dan logam) atau tempat yang rendah karena akan susah mengirim sinyal.

2. Hindari meletakkan router di dekat barang elektronik lain. 

Ya, jangan sekali-kali meletakkan router-mu dekat perangkat elektronik lainnya seperti microwave, telepon nirkabel atau televisi. Perangkat elektronik apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat mengganggu dan melemahkan sinyal WiFi. 

Lagian nih, gak ada juga kan yang mau meletakkan router di dekat dapur!

3. Usahakan atur antena router dalam posisi berdiri. 

Ini penting banget, soalnya antena router dalam posisi vertikal alias berdiri membuat sinyal dapat terpancar dengan baik serta sempurna. Posisi antena yang berdiri bisa bikin sinyal terpancar secara horizonyal, sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau ke seluruh bagian ruangan. 

4. Kalau masih lambat, bisalah kamu otak-atik software router.

Selain memperhatikan soal sisi hardware router, kamu juga bisa mengotak-atik software router untuk mempercepat koneksi WiFi. Namun perlu kamu ingat, untuk mengotak-atik software maka kamu wajib mengetahui langkah-langkahnya dengan benar agar router gak makin rusak. 

Fyi, akses menuju software bisa dibuka lewat IP khusus. Biasanya sih, kamu bisa mengecek lewat panduan yang disertakan pada bagian bawah router atau pun boks-nya.

Kalau kamu sudah bisa masuk ke dalam pengaturan, maka segera ubah channel frekuensi router (biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih). Nah, channel terbaik yang bisa kamu pilih untuk diubah ada di nomor 1, 6 dan 11 karena channel tersebut cenderung minim gangguan.

Selain cara diatas, kamu juga bisa meng-upgrade firmware dari router. Soalnya, gangguan bisa terjadi saat firmware pada router-mu sudah gak up-to-date dan firmware terbaru itu berguna untuk memperbaiki kinerja router-mu. 

Itulah cara mempercepat jaringan WiFi yang melambat di rumah. Silakan dicoba langkah-langkah di atas dan semoga bisa membantu ya! 


Tag :

4 Cara Mempercepat Jaringan Wifi Di Rumah Anti Lemot

3 Tips Mudah Belajar yang Efektif

Posting by Admin

3 Tips Mudah Belajar yang Efektif

Saat mendengar kata belajar, apa yang muncul dikepalamu? Bete? Males? Belajar memang nyaris selalu diasosiasikan dengan hal-hal yang serba negatif, seperti membosankan, menyusahkan, dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya kamu bisa lebih menikmati waktu belajarmu dengan tips sederhana dan mudah berikut ini. 1. Temukan Gaya Belajarmu Siapa bilang belajar kudu duduk



18 Kali