Dilihat : 28 kali

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN menjadi jalur yang diimpikan oleh siswa kelas 12. Pasalnya, jika lolos seleksi, maka tidak perlu mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). SNMPTN menggunakan jalur rapor dari semester 1 sampai semester 5. Pendaftaran SNMPTN ini dimulai dari tanggal 14 – 28 Februari 2022.

Meskipun SNMPTN menggunakan sistem, tetapi kita harus memiliki strategi dalam pemilihan jurusan serta universitas yang akan ditentukan saat pengisian data di akun LTPMT nantinya. Berikut tips dan trik lolos SNMPTN yang bisa menjadi acuan.

1. Mengetahui Persyaratan dari SNMPTN

Tidak seluruh siswa yang ada di sekolah bisa mengikuti SNMPTN. Panitia memiliki persyaratan untuk SNMPTN, yaitu:

  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Prestasi akademik sebagaimana dimaksud adalah memenuhi kriteria nilai yang telah ditentukan oleh PTN. Nilai bagus dalam rapor adalah rata-rata nilai yang bagus, stabil, dan tidak mengalami penurunan nilai. Memiliki nilai dengan grafik yang naik juga merupakan pertimbangan oleh PTN pilihan.

  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah layanan system kelola nomor induk siswa secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang menjadi program Data Pokok Pendidikan Kemendiknas.

PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS merupakan system informasi di mana seluruh data nilai rapor siswa yang dihimpun akan digunakan dalam proses pendaftaran siswa pada seleksi SNMPTN.

  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS

Kita bisa mengikuti SNMPTN setelah nilai rapor semester 5 telah diterima oleh siswa dan telah dionput oleh sekolah di PDSS

  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Jika kita telah resmi sebagai siswa eligible dan memilih program studi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio yang ditentukan oleh PTN tersebut.

2. Terdaftar sebagai siswa eligible

Siswa eligible adalah siswa yang memenuhi syarat baik syarat administrasi (telah mengisi PDSS SNMPTN), ingin mengikuti SNMPTN, serta dari segi prestasi dan nilai rapor termasuk terbaik di sekolahnya, sehingga dapat mendaftar SNMPTN. Penetapan siswa eligible nanti pada tanggal 4 Januari – 8 Februari 2022.

3. Menentukan Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan yang tepat

  • Mencari tau bakat dan minat

Lebih baik sebelum menentukan jurusan apa yang akan kita pilih, kita mencari tahu tentang bakat dan minat yang ada dalam diri. ini memiliki banyak keuntungan bagi kita, salah satunya adalah bisa menentukan jurusan yang sesuai, sehingga akan menjalaninya dengan baik.

  • Mencari taju beberapa universitas dan jurusan yang kamu inginkan

Setelah mengetahui bakat dan minat, langkah selanjutnya adalah mencari tahu di mana universitas yang memiliki jurusan tersebut. Langkah selanjutnta mencocokan nilai kita dengan nilai yang diterima di universitas tersebut. Informasi universitas bisa kita lihat dari website resminya.

  • Mencari tahu data siswa SNMPTN yang lulus pada tahun sebelumnya di BK

Selain nilai, alumni juga berpengaruh pada penerimaan di PTN. Lebih besar kemungkinan kita ada peluang lulus jika ada alumni yang ada di jurusan yang akan dipilih. BK memiliki data-data tersebut.

  • Berkonsultasi dengan BK dan orang tua tentang pilihan kita

Setelah pasti dengan pilihan, konsultasi ke BK. Hal ini agar BK bisa mengantisipasi siswa lain tidak memilih jurusan yang telah kamu pilih. Minta izin dan restu orang tua agar dimudahkan dan lulus SNMPTN 2022 sesuai minat.

4. Mendaftar SNMPTN 2022

Untuk SNMPTN 2022 ini diadakan pada tanggal 14 – 28 Februari 2022 nanti. Dalam pemilihan jurusan ada beberapa ketentuan, yaitu:

  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun
  • Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Dalam mendaftar SNMPTN nanti, usahakan kita memiliki sertifikat yang minimalnya tingkat provinsi karena itu juga termasuk nilai tambahan.

5. Rajin mengecek informasi terbaru tentang SNMPTN

LTMPT mengingatkan agar siswa selalu update tentang perkembangan informasi melalui media sosial LTMPT.

6. Perbanyak do’a

Jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada tuhan dan untuk kaum muslim untuk membaca QS. Al-Waqi’ah setelah menunaikan shalat maghrib.

Sekian tips dan trik lolos SNMPTN 2022 dari saya agar bisa mendaptkan kampus impian. Semoga bisa lulus ke jurusan dan kampus yang di inginkan. Tetap semangat dalam belajar dan jangan menyerah.


Tag :

6 Tips Dan Trik Lolos Snmptn 2022 Pelajar Wajib Tahu

7 Tips Memelihara Kucing Agar Tetap Sehat Terawat dengan Mudah

Posting by Admin

7 Tips Memelihara Kucing Agar Tetap Sehat Terawat dengan Mudah

Suara.com - Menjaga sahabat baikmu, kucing, tetap bahagia dan sehat bisa dimulai dari beberapa tips sederhana. Beberapa tips memelihara kucing ini bisa dimasukkan ke dalam rutinitas merawat kucing. Sangat penting menerapkan cara merawat kucing untuk memberikan yang terbaik untuk h



33 Kali