Dilihat : 165 kali

Distributor Bibit Alpukat Siger Terdekat Di Lampung Hub 6281279421366

ALPUKAT SIGER ialah Tanaman buah unggul yang bersumber dari Lampung Timur, Alpukat Siger ini ialah hasil seleksi puluhan varietas unggul lokal, yang sudah teruji tak ada penyimpangan dari pohon indukannya, walau sudah diturunkan secara sambung pucuk ke beberapa generasi dibawahnya.

 

Alpukat Siger ini dikembangkan di Desa Gunung Mas dan Giri Mulyo di Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur.

Baca juga: Cara Mudah Mencegah Penyebaran Kuman dan Bakteri

Mengatur pola makan sehat, tidur nyenyak, dan mempraktikkan manajemen stres adalah penting untuk membangun kekebalan tubuh, yang dapat melindungi kita dari berbagai serangan kuman yang ada di sekeliling kita setiap hari. Selain menjaga kekebalan tubuh, penting juga bagi kita untuk menjaga benda-benda tetap bersih dan mewaspadai

Banyak yang mengklaim nama Alpukat ini ada Siger Mas, Siger Sibatu, Siger Ratu Puan, dan lain-lain, pada intinya walau diakui dan dikenalkan dengan beragam nama sebenarnya itu semua sama, Siger Satu, Pohon Induk Tunggal (PIT) nya punya Mbah Purnomo di Desa Giri Mulyo. di Desa Giri Mulyo. Untuk itu kami disini akan menggunakan nama Alpukat Siger 1 / Siger Satu untuk produk yang kami jual, kami mencoba netral tidak masuk serta tidak memihak kelompok-kelompok yang bertikai memperebutkan pengakuan sebagai pemilik, yang penting kami akan tetap menjaga menyediakan bibit berkelas, standar tinggi bibit yang bagus, entres yang valid dan yang pasti hanya kami pedagang bibit yang siap membuat kontrak pembelian buah hasil panennya sebab saat ini sudah memiliki pasar tetap dan besar yang siap menampung hasil buah premium ini.

 

 


Tag :
Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Bumi Waras, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Enggal, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Kedamaian, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Kedaton, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Kemiling, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Labuhan Ratu, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Langkapura, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Panjang, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Tanjung Karang Barat, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Tanjung Karang Pusat, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Tanjung Karang Timur, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Tanjung Senang, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Telukbetung Barat, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Telukbetung Selatan, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Telukbetung Timur, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Telukbetung Utara, Jual BIBIT ALPUKAT SIGER Asli Di Way Halim

Distributor Bibit Alpukat Siger Terdekat Di Lampung Hub 6281279421366

KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT ALPUKAT


Alpukat merupakan buah yang unik karena mengandung lebih banyak lemak sehat dari pada karbohidrat. Oleh karena itu juga, alpukat memiliki kadar gula yang rendah. Alpukat juga memiliki keunggulan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Alpukat memiliki banyak nutrisi penting untuk tubuh. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apakah kandungan pada alpukat? Alpukat merupakan buah yang sangat bergizi karena mengandung berbagai macam nutrisi termasuk 20 macam vitamin dan mineral. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram alpukat:

     Vitamin K
     Folat
     Vitamin C
     Kalium
     Vitamin B5
     Vitamin B6
     Vitamin E
     Alpukat juga mengandung beberapa senyawa dalam jumlah kecil seperti magnesium, mangan, tembaga, besi, zink, fosfor, vitamin A,
vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.
     160 kalori
     2 gram protein
     15 gram lemak sehat
     9 gram karbohidrat dimana 7 diantaranya adalah serat

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau sodium dan juga rendah lemak jenuh. Alpukat juga memiliki kandungan kalium lebih tinggi dari pisang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi asupan kalium yang tinggi dapat membantu penurunan tekanan darah, menurunkan resiko serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Berikut manfaat dari buah alpukat :

1. Alpukat mengandung tinggi serat
2. Alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
3. Alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan lain
4. Alpukat memiliki kandungan antioksidan kuat yang dapat melindungi mata
5. Alpukat dapat membantu mencegah kanker
6.Ekstrak alpukat dapat membantu meringankan gejala radang sendi
7. Alpukat dapat membantu menurunkan berat badan
8. Alpukat dapat menjaga kesehatan jantung

Sejarah dan Asal Usul Buah Alpukat


Merujuk pada buku Alpukat karya Roely Ardiyansah (2019), buah alpukat atau Persea americana Mill merupakan buah yang berasal dari daerah bagian tropis di benua Amerika. Sejak zaman dahulu, buah alpukat sudah dikonsumsi masyarakat di sana. Khususnya oleh orang-orang suku Inca, Maya, dan Indian Aztec.

Pada abad ke-19, buah alpukat mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. Di daerah asalnya, buah ini bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi dengan wilayah beriklim tropis atau subtropis. Diperkirakan buah alpukat masuk ke Indonesia sekitar abad ke-18, antara tahun 1920-1930.

Seiring berjalannya waktu buah alpukat sudah banyak dibudidayakan di beberapa daerah. Tercatat, Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas buah alpukat.

Ras Pohon Alpukat


Hingga saat ini, pohon alpukat setidaknya memiliki tiga ras utama. Terdiri dari ras Meksiko, ras Hindia Barat, dan ras Guatemala.

1. Ras Meksiko

Untuk ras pertama yaitu Ras Meksiko. Pohon alpukat dalam kelompok ini ditemukan tumbuh di dataran tinggi antara 2.400-2.800 meter di atas permukaan laut (mdpl), di wilayah Meksiko dan Ekuador. Ras ini sudah dikembangkan di Florida serta California, Amerika Serikat. Buah alpukat dari ras Meksiko memiliki bentuk oval dengan berat 100 gram sampai 200 gram. Buah alpukat ini kurang disukai di pasaran, karena rasa dari daging buahnya mirip seperti minyak ikan. Selain itu kandungan lemaknya tergolong tinggi. Bisa sampai 15%.

2. Ras Hindia Barat

Pohon alpukat dari ras Hindia Barat berasal dari wilayah dataran rendah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang beriklim tropis. Buah alpukat dari jenis ini punya ukuran cukup besar dan berat sekitar 400 gram hingga 2.400 gram. Daging buahnya memiliki tekstur lembut, dengan kandungan lemaknya cukup rendah. Berada di angka 4% sampai 7%. Dalam waktu 9 bulan buahnya akan masak.

3. Ras Guatemala

Pohon alpukat yang satu ini habitat aslinya berada di dataran tinggi Meksiko dan Amerika Tengah. Pohon tersebut dapat tumbuh di ketinggian sekitar 800-2.400 mdpl. Sesudah berbunga, buahnya memerlukan waktu selama 9 bulan hingga 12 bulan untuk masak. Ukuran buah alpukat dari ras Guatemala lumayan besar. Beratnya bisa mencapai 200-2.400 gram. Selain itu, kandungan lemak pada daging buahnya sekitar 10-13%.

Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol


Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol Alpukat dipercaya sebagai salah satu buah penurun kolesterol. Masih mengutip dari halodoc.com, kandungan lemak tak jenuh ganda dan tunggal dalam buah alpukat, sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Buah alpukat cocok untuk menurunkan angka kolesterol dalam tubuh. Khususnya bagi orang yang menderita kolesterol tinggi. Mereka biasanya dianjurkan menghindari konsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging. Namun, hal tersebut nyatanya tidak berlaku untuk buah alpukat. Sebenarnya, kolesterol merupakan lemak yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun bila jumlahnya berlebih, kolesterol bisa menyebabkan serangan jantung atau bahkan stroke.

Tingginya kadar lemak dalam buah alpukat justru bisa menurunkan angka kolesterol jahat pada tubuh. Sebuh studi yang diterbitkan American Heart Association beberapa waktu lalu menunjukan, jumlah kadar low-density lipoprotein (LDL) bisa dikurangi dengan mengkonsumsi satu buah alpukat per harinya. Begitulah ulasan tentang buah alpukat yang juga sering dianggap mampu menurunkan kolesterol. Buah ini mudah dijumpai. Sehingga cocok untuk di konsumsi sebagai asupan gizi untuk menjaga kesehatan, serta obat alami penurun kolesterol.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Sudah Tahu?


KOMPAS.com - Alpukat kerap dianggap sebagai buah ajaib karena beragam manfaatnya bagi kesehatan. Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pencernaan, buah ini juga disebut-sebut bagus untuk merawat kulit.

Adapun di dalam 100 gram alpukat, terdapat beragam kandungan nutrisi berikut ini:
81 mikrogram folat
10 miligram vitamin C
2 miligram vitamin E
0,25 miligram vitamin B6
Selain itu, alpukat juga kaya akan antioksidan, seperti karotenoid, flavonoid, asam lemak tak jenuh, dan tokoferol yang baik untuk kulit. Karena kandungan tersebut, alpukat dianggap memiliki beragam manfaat bagi kulit, yakni:

1. Mencegah penuaan dini
2. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari
3. Menghaluskan dan melembapkan kulit
4. Meningkatkan elastisitas kulit
5. Mencegah timbulnya jerawat

4 Jenis Penyakit yang Tidak Boleh Makan Alpukat


Alpukat adalah salah satu buah tropis yang dikenal akan kandungan baik yang dimilikinya. Buah ini mengandung vitamin, protein, kalium, dan asam lemak yang tinggi. Selain itu alpukat juga dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Khususnya untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Meskipun kaya manfaat dan kegunaan. Namun mengonsumsi buah alpukat secara tidak tepat justru dapat mengubah kandungan baik yang dimiliki buah tersebut menjadi pemicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Berikut kondisi-kondisi kesehatan yang sebaiknya dihindari untuk melakukan konsumsi buah alpukat:

1. Hipersensitivitas
Hipersensitivitas adalah kondisi dimana sistem imun memberikan reaksi perlindungan yang berlebihan kepada semua zat masuk ke dalam tubuh. Umumnya reaksi hipersensitivitas akan langsung terlihat dalam waktu kurang dari 24 jam setelah tubuh terpapar zat asing.

2. Migrain
Belum diketahui dengan jelas penyebab utama yang menyebabkan timbulnya masalah sakit kepala atau migrain. Pada beberapa penderitanya, migrain bisa muncul kapan saja tanpa penyebab dan gejala yang jelas. Meskipun demikian, tetap disarankan untuk menghindari penyebab yang secara umum menjadi pemicu timbulnya masalah sakit kepala.

3. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi termasuk salah satu penyakit yang dapat terjadi ketika mengonsumsi terlalu banyak tyramine. Saat tubuh tidak mampu untuk memproses zat tyramine yang masuk melalui makanan, maka besar kemungkinan untuk terjadi serangkaian masalah kesehatan yang cukup serius.

4. Radang pada sistem pencernaan
Penyakit ini dapat terjadi dalam bentuk peradangan, iritasi maupun penipisan pada dinding lapisan pertumbuhan yang dapat berlangsung sementara atapun dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Apakah Alpukat Siger?


Alpukat Siger (Ratu Puan) merupakan varietas lokal yang berasal dari Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur. Alpukat ini sudah cukup lama dikembangkan oleh penduduk setempat sehingga termasuk buah yang menjadi salah satu Sumber Daya Genetik (SDG) lokal yang perlu dilestarikan.

Alpukat Siger varietas yang berasal dari Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Buahnya genjah (cepat berbuah) dan bisa mencapai berat 800-1.000 gram perbuah.

Alpukat Siger sudah memiliki tanda daftar hak kepimilikan yang dikeluarkan oleh PPVTPP Kementan. Terdaftar dengan nama ‘Alpukat Ratu Puan’ dengan nomor 1666/PVL/2021.

Tips Menanam Alpukat Mentega agar Cepat Berbuah


Alpukat termasuk tanaman buah yang sangat cocok untuk daerah tropis. Anda pun dapat menanam alpukat di rumah untuk konsumsi sendiri, sebagai buah yang memberi manfaat kesehatan bagi keluarga.

Salah satu jenis alpukat yang populer adalah alpukat mentega. Jenis alpukat ini memiliki warna daging yang lebih kuning dan rasanya lebih gurih. Apabila Anda ingin menanam alpukat mentega di rumah agar cepat berbuah, berikut beberapa tipsnya, seperti dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (9/12/2021).

1. Media tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman alpukat yaitu tanah yang gembur, lembap dan tidak tergenang air, subur, serta tidak mengandung terlalu banyak bahan organik.

2. Persiapan bibit alpukat
Bibit yang akan digunakan untuk budidaya alpukat harus berasal dari pohon yang cukup tua. Pilih cabang pohon alpukat yang subur, dan sudah tua.

3. Menanam alpukat dari biji
Buah alpukat yang akan dijadikan bibit haruslah buah yang sudah tua diketahui kualitas rasanya.

4. Merawat tanaman alpukat
Perawatan yang dilakukan pada tanaman alpukat tidak repot. Perawatan yang dilakukan berupa pemupukan dengan dosis yang dianjurkan dan pemangkasan.

5. Panen alpukat
Pohon alpukat yang ditanam langsung dari biji tanpa melakukan sambung pucuk atau cangkok umumnya mulai berbuah di usia 10-15 tahun.

5 Tips Ampuh Membeli Alpukat yang Matang dan Bagus


Ketika hendak membeli alpukat, Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memeriksa tingkat kematangannya. Berikut beberapa tips selain tingkat kematangan yang harus Anda lakukan ketika akan membeli alpukat.

1. Jangan Tertipu dengan Warna
Meski warna merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan alpukat yang baik, Anda sebaiknya jangan mudah tertipu dengan warna luar yang terlihat sebelum melakukan tips-tips lainnya di bawah ini.

2. Tekan Area Batang
Tekan bagian atas yang dekat dengan batang. Tidak perlu terlalu keras, cukup tekan dengan perlahan dan sedikit tenaga. Jika mudah ketika ditekan dan tetap mempertahankan bentuknya, berarti alpukat aman untuk Anda beli dan dikonsumsi. Namun jika meninggalkan bekas penyok, maka alpukat sudah terlalu matang dan bagian dalamnya berwarna cokelat.

3. Sentil Batangnya
Tips lain memilih alpukat adalah dengan menyentil batang kecil yang masih tertinggal di atasnya. Anda bisa mengibaskan batang itu apakah terlepas atau tidak. Tangkai alpukat yang bagus dan sudah matang akan mudah terlepas. Sementara apabila tangkainya sulit terlepas berarti alpukat tersebut belum matang.

4. Jangan Khawatir dengan Tekstur
Layaknya Anda tidak boleh tertipu dengan warna, Anda juga tidak boleh bergantung pada tekstur yang terdapat pada buah alpukat. Alpukat memiliki banyak jenis dan varian dengan tekstur yang berbeda-beda.

5. Perhatikan Perubahan Warna
Menurut California Avocado Commision, perubahan warna yang mecolok seperti terdapat noda gelap pada alpukat menandakan bahwa alpukat telah melewati masa jayanya.

Sering Mendapati Alpukat Terasa Pahit, Kenali Penyebabnya dan Tips Memilih Alpukat, Apa Saja?


Meski rasa pahit pada alpukat enggak terlalu nyata, namun cukup mengganggu, lo. Berikut ini penyebab alpukat terasa pahit, antara lain :

1. Cara Mengeruk Alpukat
Salah satu penyebab alpukat terasa pahit adalah cara mengeruk alpukat. Kulit alpukat dapat menyebabkan rasa pahit. Untuk menghindari rasa pahit pada buah alpukat, kamu bisa mengupas terlebih dahulu atau enggak mengeruk daging alpukat hingga mengenai kulitnya.

2. Serat Alpukat
Serat-serat alpukat akan muncul ketika sudah terlalu matang. Serat tersebut berwarna agak kecokelatan tanda hampir busuk. Disarankan untuk menghindari makan alpukat yang terlalu matang. Soalnya, serat tersebut menyebabkan aplukat terasa pahit.

3. Kurang Matang
Alpukat yang belum matang memiliki rasa yang pahit. Bahkan teksturnya yang keras dan dagingnya akan cenderung pahit, lo.

MENGENAL PUPUK TANAMAN


Pupuk telah lama dikenal sebagai salah satu faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Hal ini terkait dengan fungsi utama pupuk yaitu sebagai penyedia unsur hara yang dibutuhkan tanaman, yang akan semakin sedikit tersedia di alam karena diserap tanaman. Kebutuhan unsur hara dan ketersediaannya yang tidak seimbang di alam, membuat pupuk menjadi solusi atas masalah kecukupan kebutuhan unsur hara tanaman yang dibudidayakan.

Ada berbagai jenis pupuk yang beredar di masyarakat. Untuk dapat memilih pupuk yang tepat, kita harus tahu dan paham mengenai beberapa karakteristik pupuk yang ada.

Beberapa pengkategorian pupuk yang dikenal luas antara lain adalah pembagian jenis pupuk berdasarkan :
Asal bahan dan pembuatannya
Senyawa penyusun
Bentuk fisik
Kandungan
Cara aplikasi

Pupuk Organik atau Anorganik, Mana yang Terbaik?


Tanah di berbagai jenis lansekap jarang memiliki semua elemen yang dibutuhkan oleh pertumbuhan tanaman. Maka dari itu, petani selalu membutuhkan pupuk guna menyediakan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman.

Bicara soal pupuk, ada dua jenis yang jadi pilihan petani yaitu pupuk organik maupun pupuk anorganik. Pupuk organik berasal langsung dari sumber tanaman atau hewan. Sedangkan pupuk anorganik memiliki beberapa proses pembuatan.

Penting bagi petani untuk mengetahui jenis pupuk yang dibutuhkan tanaman dalam setiap situasi. Setiap pilihan pupuk pastinya memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Pupuk anorganik umumnya hanya mengandung beberapa nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, potasium, dan beberapa belerang. Nutrisi ini tersedia dalam bentuk terkonsentrasi dan siap diserap oleh tanaman. Salah satu kelemahan pupuk anorganik yaitu kandungan nutrisi di dalamnya dapat hilang dengan cepat dari tanah, sehingga petani harus memberikan pupuk ini beberapa kali sepanjang musim tanam.

Berbeda dengan pupuk organik yang memiliki banyak nutrisi dalam konsentrasi rendah. Nutrisi dari pupuk organik biasanya dapat berubah menjadi bentuk anorganik berkat bantuan bakteri dan jamur tanah, sehingga proses pelepasannya lambat.

Penyebab Pohon Alpukat Tidak Berbuah


Tanaman alpukat pada umumnya berbuah di usia pada 5 sampai 10 tahun. Namun jika belum berbuah di usia itu, tentu ada yang bermasalah dengan tanaman anda. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara mengatasi tanaman alpukat yang tidak berbuah pada usia produksi.

Tanaman alpukat yang tidak berbuah biasanya mengalami gangguan pertumbuhan atau sedang terserang hama atau penyakit. Namun, kali ini sobat hortikultura Independensia, kita akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan alpukat tidak berbuah adalah sebagai berikut:

Serangan Penyakit
Penyebab alpukat yang paling sering membuatnya tidak berbuah adalah serangan penyakit. Ada beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman ini antara lain, Antraknosa, Bercak daun, Busuk akar, Jamuran dan serangan Kutu dll.

Kekurangan Unsur Hara
Unsur hara merupakan elemen penting dalam pertumbuhan tanaman. Kekurangan unsur hara pada tanaman bisa digambarkan sebagai manusia yang kehilangan cadangan makanan. Hal ini menyebabkan alpukat tidak mau berbuah.

Perawatan Kurang Maksimal
Setelah berhasil menemukan bibit, menggunakan media tanam yang berkualitas, serta menemukan lingkungan yang tepat untuk pohon alpukat, anda juga tetap harus merawat pohon ini dengan rutin.

Siklus Penyiraman
Penyiraman menjadi bagian yang sangat penting saat membudidayakan pohon alpukat karena tanaman ini membutuhkan air yang cukup banyak. Namun, anda harus membuat sirkulasi air yang dapat mengalir.

Cara Mengatasi Pohon Aplukat yang Tidak Berbuah


Memilih bibit alpukat yang bagus itu sebenarnya tidaklah sulit, tetapi tidak terlalu gampang juga. Saat memilih bibit alpukat, perhatikan bagian batang dan daun yang telah tumbuh dengan teliti.

Anda juga bisa menanam pohon alpukat dalam sebuah pot dengan menggunakan media tanam yang terdiri dari: Penggunaan pupuk granule dan booster tanah menjadi salah satu pilihan tepat untuk kombinasi lahan yang subur.

Sebab ada banyak kandungan bakteri premium yang menunjang pertumbuhan tanaman alpukat secara maksimal. Salah satunya bakteri premium bacillus pumillus yang menghasilkan hormon perangsang agar meningkatkan pertumbuhan pada tanaman.

Tanaman alpukat memang lebih suka dalam keadaan lembap dengan tidak terlalu banyak sinar matahari. Bagaimana jika anda telah memenuhi ketiga syarat tersebut, tetapi masih mengalami gagal panen? Sebelum mengatasi pohon alpukat yang tidak berbuah, ada baiknya anda menyelidiki penyebabnya terlebih dahulu. Penyakit merupakan salah satu sumber masalah yang membuat pohon alpukat tidak berbuah hingga gagal panen. Jamur dan beberapa hama bisa datang karena memang lingkungan lembap yang dibutuhkan oleh pohon alpukat. Jika salah satu bagian terserang oleh jamur, tentu saja pohon alpukat tidak akan bisa berbuah.

Tips & Trick Untuk Menghilangkan Luka Lepuhan dan Kapalan di Kaki Kamu!

Posting by Admin

Tips & Trick Untuk Menghilangkan Luka Lepuhan dan Kapalan di Kaki Kamu!

Cara Mengobati Luka Lepuhan pada Telapak Kaki Jika luka melepuh pada kaki kamu masih kecil, maka cara terbaik untuk menyembuhkannya adalah cukup gunakan alcohol untuk mengompres luka tersebut. Untuk sementara ini jangan menggunakan sepatu kesayanganmu itu ya. Biasanya luka akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua h



17 Kali